Kamis, 22 September 2016

Apakah Anda ingin mulai usaha tetapi tidak punya modal? Anda percaya ada usaha tanpa modal? Kalu jawaban Anda tidak saya setuju sekali, tidak pernah ada usaha yang tanpa modal, jadi apa maksudnya mulai usaha tanpa modal? Ya maksud dalam artikel ini adalah mulai usaha tanpa modal disini yang di maksud adalah modal berupa uang.

Beberapa tahun terakhir ini dunia entrepreneur sedang mengalami booming, gaungnya  merebak di mana-mana, terutama setelah pemerintah menggalakan dunia usaha bagi kaum muda penerus bangsa ini. Banyak pelatihan-pelatihan ,seminar,workshop atau semacamnya diadakan yang bertujuan untuk menciptakan pengusaha-pengusaha muda. Intinya menjadi seorang wirausaha sekarang menjadi salah satu tujuan, terutama bagi anak muda di Indonesia saat ini.

Namun demikian meski sudah banyak pelatihan dan seminar untuk menjadi pengusaha, pada kenyataanya tidak mudah untuk menciptakan pengusaha-pengusaha muda baru, masih banyak yang takut dan ragu untuk memulai usaha dan bisnisnya. Pada umumnya mereka selalu terbentur dengan modal, dan kelirunya, menurut mereka modal usaha selalu harus berupa uang. Untuk memulai usaha memang diperlukan modal namun modal disini tidak harus berupa uang, lalu apa saja yang bisa dijadikan modal selain uang alias duit? Inilah cara menjadi pengusaha tanpa modal., yaitu ;

Konsep dan Ide
Dalam setiap usaha selalu diawali dengan sebuah konsep atau ide justru seringkali konsep dan ide ini yang sebenarnya punya nilai cukup tinggi. Bahkan tanpa konsep dan ide suatu usaha tidak akan berjalan.Sayang sekali tidak semua orang bisa menilainya dengan sudut pandang yang sama. Dengan ide carilah partner bisnis dengan modal uang yang bisa melihat dan menilai konsep anda dari sudut pandang yang sama. Butuh waktu untuk mendapatkan partner seperti ini, tapi apabila anda menemukannya, maka bisnis anda bisa berjalan langgeng ke depan.

Keahlian/Keterampilan
Serngkali kita jumpai pemilik modal dana ataupun ide dan konsep mungkin saja tidak bisa atau tidak mengerti dan tidak punya keahlian untuk memulai bisnisnya. Dengan keahlian dan ketrampilan yang anda miliki anda bisa menawarkan keahlian dan ketrampilan Anda kepada pemilik modal dana dan konsep untuk bergabung dalam usaha atau bisnis mereka.  Bahkan  dengan keahlian dan ketrampilan yang Anda miliki Anda ang saham juga dalam usaha atau bisnis tersebut.Dengan catatan, biasanya anda juga harus mengorbankan penghasilan bulanan anda yang lebih kecil, untuk saham kepemilikan anda pada usaha tersebut.


Waktu
Seringkali para pemilik modal tidak punya cukup waktu untuk mengelola atau bahkan untuk sekyakan lebih memilih sebagai. Kalau anda punya waktu dan bisa dipercaya, anda bisa menjadi pemilik bisnis tersebut dengan jalan andalah yang diberi tanggung jawab penuh untuk menjalankan usaha tersebut. Otomatis ada hitung-hitungan pembagian, dan biasanya pemilik modal dana akan meminta saham kepemilikan jauh lebih besar, karena reisiko mereka kehilangan dana juga besar.

Jaringan/Network
Dalam dunia usaha koneksi atau jaringan sangat penting,banyak deal-deal bisnis dihasilkan karena adanya referensi dari jaringan kita, dari kepercayaan yang telah kita bangun dalam jaringan kita. Jadi jika Anda mempunyai jaringan yang luas Anda bisa menjadikan ini sebagai modal anda untuk memulai usaha, jadi tunggu apalagi? Segera mulai usaha Anda dan ambilah keuntungan dari modal yang Anda miliki.

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Adsense Maker | Blogger Theme by Lare Glundengan